In order to fulfill the basic functions of our service, the user hereby agrees to allow Xiaomi to collect, process and use personal information which shall include but not be limited to written threads, pictures, comments, replies in the Xiaomi Community, and relevant data types listed in Xiaomi's Private Policy. By selecting "Agree", you agree to Xiaomi's Private Policy and Content Policy .
Agree

Majalah Mi Fan Club

[Lain-Lain] [Kuliner] Olahan Beras Ketan Putih Yang Wajib Kalian Cicipi

2022-06-12 07:04:35
1399 40

Assalamu'alaikum Mi Fans semuanya.

Jumpa lagi dengan Hudie di sini. Kalian sudah tau kan kalo Beras Ketan juga bisa diolah? Berbeda dengan beras biasa yang kita konsumsi sehari-hari, beras ketan ini mempunyai tekstur yang agak keras sehingga ketika dimasak seperti beras biasa tidak akan menjadi seempuk beras biasa. Makanya beras ketan tidak bisa menjadi pengganti dari beras biasa walaupun sama-sama mengandung karbohidrat.

Beras Ketan merupakan beras yang memiliki kandungan amilopektin yang tinggi sehingga dapat memberikan tekstur lengket jika dimasak. Beras Ketan tumbuh paling banyak di Asia Tenggara dan Asia bagian Timur. Tak heran jika di Asia Tenggara banyak kita temukan olahan dari beras ketan. Termasuk di Indonesia, beras ketan biasanya diolah menjadi bermacam-macam makanan. Nah, berikut berbagai olahan beras ketan yang bisa kita temukan dengan mudah sehari-hari.

Wajik

Sumber : Google

Salah satu olahan beras ketan yang paling familier adalah Wajik. Wajik terbuat dari beras ketan, santan dan gula. Cemilan manis ini biasanya menjadi salah satu sajian di pesta pernikahan adat Jawa. Karena salah satu bahannya adalah gula tentu saja Wajik mempunyai rasa yang manis. Rasa yang manis ini justru yang membuat Wajik bisa bertahan lama sehingga bisa dijadikan oleh-oleh dan dikirim ke luar kota. Wajik umumnya berwarna coklat karena menggunakan gula jawa, tetapi ada juga yang warnanya hijau dengan ditambah pewarna hijau. Wajik yang berwarna hijau ini menggunakan gula pasir.

Dari bentuknya, Wajik terlihat seperti beras yang belum matang dimasak. Tetapi ketika kita nikmati ternyata terasa lunak dan mudah untuk digigit. Cara pembuatan Wajik sebenarnya mudah tetapi butuh ketelatenan. Pertama-tama beras ketan dikukus sampai matang. Kemudian dimasak dengan campuran santan dan gula. Diaduk dan dimasak sampai terlihat berminyak namun terasa lembut. Setelah itu Wajik didiamkan sampai dingin dan siap untuk dinikmati.

Jadah

Sumber : Google

Kalo Wajik mempunyai warna, Jadah mempunyai warna yang sama seperti warna asli bahannya yaitu putih. Ya, Wajik dan Jadah ternyata terbuat dari bahan yang sama yaitu beras ketan dan santan. Bedanya, Wajik ditambahkan gula sehingga rasanya manis sedangkan Jadah tidak ditambahkan sehingga rasanya cenderung gurih. Jadah ini awalnya juga dihidangkan di dalam pernikahan adat Jawa, sama seperti Wajik.

Berbeda dengan Wajik, Jadah melalui proses penumbukan sehingga teksturnya sangat lengket. Pembuatan Jadah dimulai dengan memasak beras ketan dan santan sampai air santan meresap, mirip menanak nasi tempo jaman dahulu. Setelah itu, Jadah baru dikukus sampai matang. Selanjutnya terjadi proses penumbukan ini dilakukan selagi masih panas sehingga Jadah menjadi lengket dan kalis. Karena rasanya gurih, biasanya Jadah lebih nikmat ketika dinikmati dengan menu pelengkap seperti tempe bacem, abon, atau kedelai tumbuk.

Lemper

Sumber : Google

Sama seperrti yang lain, Lemper sebenarnya juga cemilan tradisional yang awalnya dihidangkan ketika acara pernikahan adat Jawa. Ciri khas Lemper terletak dari bungkusnya yang berasal dari daun pisang yang digulung. Lemper mempunyai isi di tengahnya yaitu daging ayam suwir atau daging sapi cincang. Rasanya gurih dan sedikit asin di isiannya. Testurnya empuk sehingga saat dikunyah akan memberikan sensasi yang nikmat ketika ketan bercampur dengan isian di dalamnya.

Ternyata Lemper mempunyai fisosofi tersendiri. Lemper oleh masyarakat Jawa dianggap sebagai simbol persaudaraan. Tekstur lengket dari Lemper mencerminkan persaudaraan antar manusia agar saling menyatu. Selain itu lengketnya Lemper yang terbuat dari ketan juga bisa diartikan sebagai kedatangan rizki yang akan terus menempel bagi siapa saja yang memakannya.

Tape Ketan

Sumber : Google

Dari namanya bisa diketahui bahwa makanan ini merupakan hasil fermentasi. Selain beras ketan sendiri, bahan yang tak kalah penting dalam pembuatan Tape Ketan adalah ragi. Ragi inilah yang akan memfermentasikan ketan sehingga ketika sudah menjadi tape akan terasa sedikit asam. Tak hanya ragi, gula pasir juga ditambahkan sehingga Tape Ketan juga mempunyai rasa yang manis. Tape Ketan umumnya berwarna putih atau sekarang banyak juga Tape Ketan yang berwarna hijau dengan ditambahkan pewarna sehingga dari tampilannya kelihatan menarik.

Salah satu ciri khas Tape Ketan yaitu pembungkusnya yang umumnya berasal dari daun pisang atau daun jambu. Tetapi karena pembungkus yang terbuat dari daun pisang atau daun jambu mulai jarang didapatkan terutama di daerah perkotaan, maka saat ini bungkus Tape Ketan sering diganti dengan bungkus plastik atau tempat tertentu. Tape Ketan paling populer disajikan sebagai kudapan saat perayaan Lebaran.

Rengginang

Sumber : Google

Inilah salah satu olahan beras ketan yang dimasak dengan cara digoreng. Adalah Rengginang yaitu sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang bentuknya bulat pipih. Beras ketan ini dicampur dengan garam atau bumbu terasi sehingga ketika sudah menjadi Rengginang, Rengginang mempunyai rasa yang khas. Setelah dikukus dan dibentuk kemudian dijemur sampai kering. Terakhir harus digoreng dalam minyak yang sangat panas sehingga bisa matang sempurna. Karena digoreng, maka Rengginang mempunyai tekstur seperti kerupuk yaitu krispy dan krancy.

Itulah beberapa olahan yang terbuat dari beras ketan yang sangat populer. Dari kelimanya merupakan cemilan maupun kudapan tradisional yang sekarang bisa kita temukan dengan mudah. Proses pembuatannya sederhana tetapi ketika sudah jadi, rasanya tidak kalah dibandingkan dengan makanan kekinian.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di antara kelima olahan beras ketan tersebut, manakah yang belum pernah kalian cicipi? Bagi yang sudah pernah mencicipi semua, manakah yang menjadi favorit bagi kalian

Terakhir Hudie pamit,
dan Wassalamu'alaikum.


2022-06-12 07:04:35
Favorites4 RateRate

Wizard Bunny

Anjar Arkhana | from Redmi Note 5A

#1

Alhamdulillah semua udah pernah nyicip, itu jadah kl.d tempat saya namanya Ulen atau Uli, biasamya digoreng dulu, nanti dimakannya ditemenin semur daging, biasa dhidangkan pas.Hari Raya Lebaran ied fitri and Ied Adha, mantap nih favorit saya Om Hudie. Terimakasih sudah berbagi Om
2022-06-12 07:55:28

Special Team

Hudie Author | from app

#2

Anjar Arkhana
Alhamdulillah semua udah pernah nyicip, itu jadah kl.d tempat saya namanya Ulen atau Uli, biasamya digoreng dulu, nanti dimakannya ditemenin semur daging, biasa dhidangkan pas.Hari Raya Lebaran ied fitri and Ied Adha, mantap nih favorit saya Om Hudie. Terimakasih sudah berbagi Om

Terima Kasih kembali Om. Oh namanya Uli ya kalo di tempat Om Anjar. Brarti Tape Uli itu Tape Ketan + Jadah?
2022-06-12 08:57:07

Wizard Bunny

Anjar Arkhana | from Redmi Note 5A

#3

quoteurl=home.php?mod=space&uid=1578961327Hudie/url
Terima Kasih kembali Om. Oh namanya Uli ya kalo di tempat Om Anjar. Brarti Tape Uli itu Tape Ketan + Jadah?/quote

engga Om, fisiknya kaya Jadah  tapi bahannya sih dari beras ketan putih juga, rasanya sperti lemper namun ga berisi hanya nanti tuh biasmya sebelum disantao digoreng dulu kl dr kebiasaan saya, aduh ga tau deh bahannya dr apa aja taunya dr beras ketan putih aja whahahah soalnya tinggal beli makan aja ga pernah bikin  :D
2022-06-12 09:05:04

Wizard Bunny

Anjar Arkhana | from Redmi Note 5A

#4

Hudie
Terima Kasih kembali Om. Oh namanya Uli ya kalo di tempat Om Anjar. Brarti Tape Uli itu Tape Ketan + Jadah?

om nih contoh jadinya..
2022-06-12 09:32:24

Wizard Bunny

LimitLess13 | from app

#5

favorit saya wajik, bungkus om hehe
2022-06-12 10:18:50

Wizard Bunny

ditonyo | from Redmi Note 8

#6

waahhh... enaakk² kabeehh kuii oom... mocii anee jugaakk sukaakk oom... duduh tape ketan yoo enaakk...
2022-06-12 13:22:20

Wizard Bunny

ditonyo | from Redmi Note 8

#7

ouugh... jadiii ingeett almarhum simbok ku oom... dulu lemper daging sapii nyaa di setor ke trubus jogjaa...
2022-06-12 13:24:48

Rookie Bunny

Yusuf must | from Redmi Note 8

#8

Alhamdulillah udah pernah mencicipi semua Min
2022-06-12 13:29:47

Special Team

Hudie Author | from app

#9

Anjar Arkhana
om nih contoh jadinya..

Oh kayak gitu. Terima Kasih Om informasinya, jadi punya gambaran nih.
2022-06-12 13:33:09

Special Team

Hudie Author | from app

#10

LimitLess13
favorit saya wajik, bungkus om hehe

Wajik yang warna coklat atau hijau Om?
2022-06-12 13:33:25
please sign in to reply.
Sign In Sign Up

Hudie

Special Team

  • Followers

    418

  • Threads

    299

  • Replies

    7834

  • Points

    28053

3 Days Check-In
7 Days Check-In
21 Days Check-In
40 Days Check-In
70 Days Check-In
100 Days Check-In
Newbie Member
300.000 member
500K
Golden Mi Bunny
800K
Dirgahayu ke-73 Indonesia
900K
Throw Back with Mi 2018
Answer Mi #3
3 Tahun Mi Community
Answer Mi #4
Dirgahayu ke-75 Indonesia
From 10 to Infinity
Facebook Reviewer
Mi Challenge Teka Teki Mi Bunny
Keluarga Xiaomi
Online Photography Class
Best Moment 2020
Mi Fans Award 2020
Kado Natal dan Tahun Baru 2021
Selamat Hari Ibu
POCO X3 NFC feature
2021's Wish Medal
2 Juta Member Mi Community
Online Short Movie Class
Online Battle Quiz
Navigation Master
Redmi Note Bukan Cuma Hape
Online Battle Quiz
Hari Kartini
4 Tahun Mi Community Indonesia
Merchandise Mi Community
Featherweight and Thinnest Challenge
Xiaomi Nomor 1
Makanan Nusantara
My Alter Ego
Xiaomi Layak Jadi No 1
Mi Challenge 2021
Mi Challenge 2021 Misi ke-1
Mi Challenge 2021 Misi ke-8
Mi Challenge 2021 Misi ke-12
Mi Challenge 2021 Misi ke-18
Mi Challenge 2021 Misi ke-27
Xiaomi 11T Poster
Mi Fans Awards 2021

Read moreGet new

Xiaomi Comm APP

Stay updated on Mi Products and MIUI

Copyright©2010-2021 Xiaomi.com, All Rights Reserved
Quick Reply To Top Return to the list