In order to fulfill the basic functions of our service, the user hereby agrees to allow Xiaomi to collect, process and use personal information which shall include but not be limited to written threads, pictures, comments, replies in the Xiaomi Community, and relevant data types listed in Xiaomi's Private Policy. By selecting "Agree", you agree to Xiaomi's Private Policy and Content Policy .
Agree

Majalah Mi Fan Club

[Lain-Lain] [Kuliner] Mengenal Jamu Tradisional Dan Manfaatnya

2022-06-05 12:32:13
1270 14

Assalamu'alaykum Mi Fans semuanya.

Jumpa lagi dengan Hudie di sini. Setelah kemarin pekan lalu kita bahas berbagai minuman khas Indonesia, kali ini kita lanjutkan lagi. Masih tentang minuman khas dan tentunya asli dari Indonesia. Tetapi minuman khas ini tidak sembarang minuman khas biasa karena merupakan tradisi turun menurun dari nenek moyang kita. Minuman itu adalah Jamu.

Jamu adalah adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuh-tumbuhan seperti rimpang, daun-daunan, kulit batang dan buah (Wikipedia).

Nah, walaupun Jamu ini sebenarnya obat tradisional tetapi saat ini beberapa Jamu yang sudah dijadikan sebagai kuliner. Beberapa rumah makan, restoran dan bahkan hotel berbintang pun menyediakan beberapa jenis Jamu sebagai salah satu menu minuman yang bisa dinikmati. Berikut beberapa jenis Jamu tradisional dan manfaatnya.

Jamu Kunyit Asem

Sumber : Google

Jamu Kunyit Asem atau Kunir Asem adalah jamu yang terbuat dari dua jenis rempah yang berbeda yaitu kunyit dan asam jawa. Jamu Kunyit Asam ini adalah salah satu jamu tradisional yang paling dicari. Selain rasanya menyegarkan, Jamu Kunyit Asam memang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Awalnya, Jamu Kunyit Asam hanya dijual oleh penjual jamu maupun mbok-mbok jamu, tetapi sekarang Jamu Kunyit Asam ini sudah menjadi salah satu minuman yang tersedia di beberapa rumah makan yang menyediakan menu tradisional. Tak hanya itu, bahkan di hotel berbintang pun banyak yang menyediakan Jamu Kunyit Asam sebagai salah satu menu untuk sarapan pagi.

Selain berupa jamu yang langsung dibuat dari bahannya, Jamu Kunyit Asam kini tersedia dalam bentuk serbuk. Lebih praktis dan bisa dibawa ke mana saja. Tinggal diseduh dengan air dan langsung siap dinikmati. Jamu Kunyit Asam bisa dinikmati dalam kondisi dingin dengan ditambahkan es batu. Hmmmm benar-benar menyegarkan. Manfaat Jamu Kunyit Asam adalah menyegarkan tubuh, mencegah panas dalam dan sariawan, melancarkan haid dan mencegah nyeri haid.

Jamu Beras Kencur

Sumber : Google

Namanya memang Jamu Beras Kencur, tetapi Jamu Beras Kencur ini tidak hanya terbuat dari beras dan kencur saja. Jamu Beras Kencur terbuat dari beras putih, kencur, asam jawa dan daun pandan. Dengan perpaduan bahan-bahan tersebut menghasilkan rasa jamu yang menyegarkan. Sama seperti Jamu Kunyit Asem, Jamu Beras Kencur saat ini tersedia dalam bentuk pil, serbuk yang siap seduh maupun berbentuk botolan yang siap minum. Jamu Beras Kencur mempunyai manfaat untuk mempertahankan gula darah normal, meredakan diare, meredakan batuk berdahak dan menambah nafsu makan.

Jamu Daun Pepaya

Sumber : Google

Jamu Daun Pepaya atau Daun Kates adalah Jamu yang terbuat dari perasan daun pepaya. Jamu ini berwarna hijau dengan rasa yang pahit. Tetapi walau rasanya pahit, jamu ini ternyata banyak yang menyukainya. Berbeda dengan Jamu Kunyit Asam dan Jamu Beras Kencur yang disukai oleh laki-laki dan perempuan, Jamu Daun Pepaya ini lebih banyak disukai oleh parempuan karena manfaatnya. Jamu Daun Pepaya mempunyai manfaat untuk melancarkan ASI, menghilangkan rasa nyeri setelah melahirkan dan melancarkan darah kotor saat nifas.

Jamu Temu Lawak

Sumber : Google

Jamu Temu Lawak terbuat dari Temu Lawak dengan ditambahkan beberapa bahan lainnya yaitu asam jawa, gula aren, daun pandan serta jinten. Jamu ini bisa diminum mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Kandungan senyawa dari temu lawak mempunyai sifat antioksidan, antimikroba, antiradang, antidiabetes dan antikanker.  Jamu Temu Lawak ini mempunyai manfaat antara lain memperkuat imunitas tubuh, menjaga kesehatan hati, mengatasi infeksi serta mengatasi gangguan pencernaan.

Jamu Cabe Puyang

Sumber : Google

Namanya Jamu Cabe Puyang yaitu jamu yang terbuat dari cabe dan lempuyang. Cabe yang digunakan bukan sembarangan cabe, tetapi cabe jawa yang bentuknya lonjong panjang dengan bagian kulit luar agak berbintik seperti buah strawberry. Jamu Cabe Puyang mempunyai manfaat salah satunya untuk menjaga kesehatan kulit tubuh sehingga tetap halus, bebas dari keriput maupun penuaan dini. Ada kandungan dari cabe puyang yang bisa menutrisi kulit tubuh dari dalam. Selain itu jamu ini mampu melawan radikal bebas.

Jamu Pahitan

Sumber : Google

Jamu Pahitan terbuat dari bahan utama daun sambiloto. Selain hanya terbuat dari daun sambiloto saja, jamu ini bisa ditambahkan dengan bahan-bahan pahit lainnya. Tentunya rasa dari jamu ini adalah pahit. Walaupun namanya Jamu Pahitan, jamu ini mempunyai banyak manfaat seperti mengatasi pegal-pegal, menambah nafsu makan, mencegah risiko diabetes dan lain-lain. Penggemar dari jamu ini tentu saja orang tua. Tetapi walaupun begitu beberapa anak muda juga banyak yang mencari karena bisa membersihkan jerawat di kulit.

Itulah beberapa jamu tradisional khas Indonesia yang tentunya masing-masing mempunyai manfaat sendiri-sendiri. Karena mempunyai manfaat sendiri-sendiri maka setiap jamu mempunyai rasa yang berbeda-beda. Tetapi semuanya bermanfaat bagi tubuh kita. Selain untuk mencegah penyakit, jamu juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit.

-------------------------------------------------------------------------------

Di antara beberapa jamu tersebut, manakah yang pernah kalian minum dan sampai sekarang jamu tersebut menjadi jamu favorit bagi kalian?

Terakhir Hudie pamit,
dan Wassalamu'alaykum.



2022-06-05 12:32:13
Favorites6 RateRate

Wizard Bunny

ditonyo | from Redmi Note 8

#1

kabeehh pernah oom... cumaan sing godong kates ndaak sukaakk... lebiih enak dong kates muda dimakan dengan jambu mete + sambel lotiis pedeess...
2022-06-05 16:10:26

Special Team

Hudie Author | from app

#2

ditonyo
kabeehh pernah oom... cumaan sing godong kates ndaak sukaakk... lebiih enak dong kates muda dimakan dengan jambu mete + sambel lotiis pedeess...

Wah itu malah enak banget Om
2022-06-05 16:18:57

Wizard Bunny

LimitLess13 | from app

#3

kayaknya nda pernah minum jamu deh, nda tau lah waktu bocil (lupa)
2022-06-05 19:30:46

Special Team

Hudie Author | from app

#4

LimitLess13
kayaknya nda pernah minum jamu deh, nda tau lah waktu bocil (lupa)

Kamu biar mau gak rewel waktu kecil Om, he he
2022-06-05 19:47:31
yang belum pernah mencoba jamu cabe Puyang dan jamu pahitan,ok terimakasih rekomendasi minuman jamu tradisional nya om..
2022-06-06 00:54:11

Special Team

Hudie Author | from app

#6

Doni feriyan septi
yang belum pernah mencoba jamu cabe Puyang dan jamu pahitan,ok terimakasih rekomendasi minuman jamu tradisional nya om..

Terima Kasih Om, kalo saya yang paling suka ya Kunyit Asem. Kalo yang lain, masih belum. pernah ngrasain.
2022-06-06 05:53:00
beras kencur pakai es sama kunyit asem es enak itu 😄
2022-06-26 18:47:55

Special Team

Hudie Author | from app

#8

Ed Kuoro Andika
beras kencur pakai es sama kunyit asem es enak itu 😄

Betul Om, seger banget tuh. Kalo saya lebih suka kunyit asemnya.
2022-06-26 18:52:11

Master Bunny

Surmo Tomy Pratoyo | from Redmi Note 8

#9

meh ndak dino aku ngombe jamu gendong
2022-06-27 01:07:10

Grand Master Bunny

1677326550/ Eddy MH | from Redmi Note 5

#10

ditonyo
kabeehh pernah oom... cumaan sing godong kates ndaak sukaakk... lebiih enak dong kates muda dimakan dengan jambu mete + sambel lotiis pedeess...

biasanya oom Dito paling suka ma daun² muda thoo...bisa nambahin vitalitas loohh...
2022-06-27 02:06:50
please sign in to reply.
Sign In Sign Up

Hudie

Special Team

  • Followers

    421

  • Threads

    300

  • Replies

    7851

  • Points

    28113

3 Days Check-In
7 Days Check-In
21 Days Check-In
40 Days Check-In
70 Days Check-In
100 Days Check-In
Newbie Member
300.000 member
500K
Golden Mi Bunny
800K
Dirgahayu ke-73 Indonesia
900K
Throw Back with Mi 2018
Answer Mi #3
3 Tahun Mi Community
Answer Mi #4
Dirgahayu ke-75 Indonesia
From 10 to Infinity
Facebook Reviewer
Mi Challenge Teka Teki Mi Bunny
Keluarga Xiaomi
Online Photography Class
Best Moment 2020
Mi Fans Award 2020
Kado Natal dan Tahun Baru 2021
Selamat Hari Ibu
POCO X3 NFC feature
2021's Wish Medal
2 Juta Member Mi Community
Online Short Movie Class
Online Battle Quiz
Navigation Master
Redmi Note Bukan Cuma Hape
Online Battle Quiz
Hari Kartini
4 Tahun Mi Community Indonesia
Merchandise Mi Community
Featherweight and Thinnest Challenge
Xiaomi Nomor 1
Makanan Nusantara
My Alter Ego
Xiaomi Layak Jadi No 1
Mi Challenge 2021
Mi Challenge 2021 Misi ke-1
Mi Challenge 2021 Misi ke-8
Mi Challenge 2021 Misi ke-12
Mi Challenge 2021 Misi ke-18
Mi Challenge 2021 Misi ke-27
Xiaomi 11T Poster
Mi Fans Awards 2021

Read moreGet new

Xiaomi Comm APP

Stay updated on Mi Products and MIUI

Copyright©2010-2021 Xiaomi.com, All Rights Reserved
Quick Reply To Top Return to the list