In order to fulfill the basic functions of our service, the user hereby agrees to allow Xiaomi to collect, process and use personal information which shall include but not be limited to written threads, pictures, comments, replies in the Mi Community, and relevant data types listed in Xiaomi's Private Policy. By selecting "Agree", you agree to Xiaomi's Private Policy and Content Policy .
Agree

Fotografi

[Album] Merasakan Kesegaran Zam-zamnya Indonesia

2020-11-24 16:47:37
188 4

Hualouw smua...
Hualouw Mifans dimanapun berada...

Berjumpa kembali dengan Denny. Dikesempatan kali ini ane mau berbagi pengalaman berkunjung ke Petirtaan Jolotundo beberapa waktu lalu. Berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Gresik dan sekitar 1,5 jam perjalan menggunakan motor. Tapi kalo saya sih bisa 2 jam lebih karna ya gitulah pemandangan kiri kanan khas pegunungan rasanya kurang afdol kalo ngga sambil brenti untuk jepret-jepret. Wisata Petirtaan ini terletak di Desa Seloliman Trawas Mojokerto.

Menurut beberapa sumber dari Google dan hasil ngobrol dengan warga sekitar, petirtaan ini dibangun oleh Raja Udayana Bali guna menyambut kelahiran putranya yakni Prabu Airlangga pada tahun 899 Saka  atau 977 Masehi. Hal ini berdasarkan pahatan angka tahun yang terdapat disalah satu bagian bangunan.

Sebagian masyarakat percaya air Petirtaan Jolotundo dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini juga berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan dengan hasil bahwa kualitas air  di situs ini menduduki peringkat kedua didunia setelah Zam-zam karena kandungan mineralnya yang sangat tinggi. Tak heran banyak juga yang menyebut dengan Zam-zamnya Indonesia.

Sebelum sampai ke lokasi di tandai dengan adanya Gapura disebelah Pos Pendakian Gunung Penanggungan. Kemudian sekitar 100 meter menuju area parkir, loket masuk, pasar souvernir, dll.


Area parkir lumayan luas dan tiket masuk sebesar Rp. 10.000,-



Pintu masuk lokasi Petirtaan


Jangan lupa cuci tangan dulu.


Akhirnya sampailah di area Petirtaan. Hawane suwejuk pooool dan menenangkan. Pokoke bikin kita lupa akan kebisingan hiruk pikuk kota.


Kita lihat lebih dekat. Dibagian tengah terdapat pancuran kecil-kecil atau orang-orang menyebut dengan 9 mata air. Kemudian disebelah kanan terdapat bilik berukuran sekitar 2 meter untuk mandi laki-laki dan sebelah kiri untuk perempuan. Tapi tidak diperkenankan mandi pakai sabun dan sampo gaes.




Disebelah petirtaan terdapat puing reruntuhan bangunan pura yang dikumpulkan kembali setelah terjadi bencana alam.



Salah satu pura yang di kaji dan disusun kembali oleh pihak purbakala.



Oke sekian perjalanan singkat kali ini. Pamit undur diri dan sampai jumpa di lian waktu.

2020-11-24 16:47:37
Favorites2 RateRate
mantap bin keren om.. asyik nih jalan-jalan tros... 😎
2020-11-24 18:37:11

Pro Bunny

Denny Prasetyo Author | from MI 8 Lite

#2

1901606906 | efabe.mtr
mantap bin keren om.. asyik nih jalan-jalan tros... 😎

ngga jalan2 teros kok om.... tp skali jalan langsung ke bbrapa tempat😁
2020-11-24 18:47:21

Pro Bunny

erik.eSBe | from Redmi Note 8 Pro

#3

foto2 pemandangannya pas jalan ga ada om?
2020-11-24 21:36:07

Pro Bunny

Denny Prasetyo Author | from MI 8 Lite

#4

erik.eSBe
foto2 pemandangannya pas jalan ga ada om?

ada kak. di trit ane sebelumnya. lokasinya di sekitar trawas dan semua foto pake Mi 8 Lite.
Nge-Lanscape Pake Hape  https://c.mi.com/thread-3454866-1-0.html
2020-11-24 22:00:59
please sign in to reply.
Sign In Sign Up

Denny Prasetyo

Pro Bunny

  • Followers

    191

  • Threads

    59

  • Replies

    991

  • Points

    3975

3 Days Check-In
7 Days Check-In
21 Days Check-In
Throw Back with Mi 2018
DXO121
Answer Mi #1
Answer Mi #2
Answer Mi #3
Ulang Tahun Xiaomi ke-10
3 Tahun Mi Community
Favorite Actor
Redmi Note 8 Series
MIUI12
Dirgahayu ke-75 Indonesia
First Anniversary
From 10 to Infinity

Read moreGet new

Mi Comm APP

Stay updated on Mi Products and MIUI

Copyright©2010-2020 Xiaomi.com, All Rights Reserved
Quick Reply To Top Return to the list