In order to fulfill the basic functions of our service, the user hereby agrees to allow Xiaomi to collect, process and use personal information which shall include but not be limited to written threads, pictures, comments, replies in the Mi Community, and relevant data types listed in Xiaomi's Private Policy. By selecting "Agree", you agree to Xiaomi's Private Policy and Content Policy .
Agree

Aksesoris

[Diskusi] Mi True Wireless Earbuds Basic - Ulasan Pendengar Awam

2019-12-09 18:42:42
5933 63

Sumber gambar: 9to5Google

Greetings, Mi Fans!
Aqshal di sini.

Mi True Wireless Earbuds Basic adalah langkah pertama Xiaomi Indonesia memperkenalkan audio wireless. Earbuds ini dipatok dengan harga perkenalan Rp249.000 dan harga normal Rp299.000. Apakah Mi True Wireless Earbuds Basic layak untuk dibeli?

Yuk kita ulas.
Catatan: Versi yang saya gunakan adalah versi India, dengan nama resmi "Redmi Airdots". Tidak ada perbedaan sama sekali dari kedua versi unit. Ulasan dibuat setelah empat bulan pemakaian.

Spesifikasi Mi True Wireless Earbuds Basic:
  • In-ear
  • Polikarbonat
  • IPX4
  • Indikator LED
  • Bluetooth 5.0 (Jarak 10 meter tanpa gangguan)
  • Berat 4.1gr (untuk masing-masing earbuds)
  • Baterai 40mAh (4 jam)
  • Tombol fisik untuk masing-masing earbuds

  • Charging case polikarbonat
  • Magnetic lid
  • Magnetic charging
  • MicroUSB
  • 300mAh (tambahan 11 jam)
  • Indikator baterai LED

Desain
Desain earbuds ini sangat minimalis. Hanya ada satu opsi warna yang tersedia, yaitu hitam. Tipe earbuds ini adalah in-ear, dimana menggunakan silikon di ujungnya. Tersedia tiga opsi ukuran silikon yang dapat kamu ganti dengan mudah. Desain charger berukuran kecil dan dapat dibuka menggunakan satu tangan.


Sumber gambar: 9to5Google

Saya sangat menyukai desain Mi TWS Earbuds Basic ini. Penutup magnetik membuat sensasi membuka dan menutup charger semakin asik bahkan saya senang menggunakannya sebagai fidget toy. Desain ini masih memungkinkan untuk dibuka dengan satu tangan dan desain earbudsnya sendiri tidak tebal sehingga tidak menarik perhatian.

Suara
Seperti judul, saya adalah pendengar awam seperti kebanyakan orang. Saya tidak mengerti apapun tentang audio dan di ulasan kali ini, pendapat saya bukanlah pendapat yang sangat bias dan tidak dapat diterima semua orang. Tentunya sektor ini sangat subjektif.


Sumber gambar: 9to5Google

Di pendengaran saya, earphone ini punya bass yang sedikit terlalu tinggi. Saya selalu menurunkan frekuensi rendah pada equalizer saat mendengarkan lagu di Spotify. Suara earbuds sama sekali tidak terdengar pecah, tetapi di suara-suara tinggi memang terdengar sangat jelas. Volume total yang diberikan kencang dan cukup menutup suara dari luar.

Jika kamu perlu kesan dari ahlinya sebagai referensi, nih salah satu pendapat dari reviewer audiophile yang pasti kalian kenal, Om Irwan dari Sobat HAPE,di salah satu videonya. Begini pendapat dia:

Di luar dugaan, earphone ini ternyata uwwenak banget sob. Suaranya balance di semua sektor dengan clarity yang cukup bagus dan cukup "ngecreng" menurut saya. Detilnya kedengeran bagus, vokalnya agak mundur sedikit yang bikin saya pikir bahwa earphone ini agak V-shape.

Bassnya itu loh - Gak gede memang, malah cenderung pas-pasan - tapi berbentuk dengan impact yang ramah sama dengan gendang telinga. Bass yang gak begitu besar ini cukup membuat earphone ini gak "kering" ya.

Mungkin untuk video ini, saya akan anugerahkan earphone ini sebagai MVP.

- Om Irwan Kusuma, Reviewer dari Sobat HAPE


Performa
Earbuds ini punya kapasitas baterai 40mAh yang cukup untuk mendengarkan musik hingga 4 jam dan charging case yang berkapasitas 300mAh. Saya pribadi tidak pernah kehabisan baterai earbuds saat menggunakan earbuds ini. Penggunaan saya perhari sekitar dua jam, yang berarti dapat digunakan hingga 5-6 hari kedepan tanpa charge.


Sumber gambar: 9to5Google

Untuk bermain game, earbuds ini tetap ada delay sekitar 1-2 detik untuk output suaranya. Mi TWS Earbuds Basic memang bukan dibuat untuk gaming karena tidak mempunyai fitur-fitur low latency seperti aptX. To be fair belum ada earphone TWS yang tidak punya latency dan di kelas harganya tidak ada earphone yang punya latency lebih kecil.

Untuk kualitas microphone, menurut saya hanya cukup. Di dalam ruangan dapat terdengar jelas, namun di luar ruangan terkadang suara terasa kresek. Sekali lagi, di kelas harganya menurut saya dapat diwajarkan.

Proses penghubungan hampir instan. Jika bluetooth kamu nyala, earbuds akan terkoneksi secara otomatis secara mono maupun stereo. Tentunya jika kamu sudah melakukan pair untuk pertama kali ya.

Lainnya
Mi TWS Earbuds Basic tersertifikasi IPX4 yang dapat menahan cipratan air. Ingat ya, cipratan air. Jadi hanya cocok dipakai saat olahraga di Gym maupun berlari. Earbuds ini juga mendukung auto stop dan auto off saat kamu memasukkan earbuds kembali ke charger.


Sumber gambar: 9to5Google


Jika kamu ingin memakai case, kamu beruntung karena opsi case yang tersedia dengan berbagai model dan warna serta harga yang beragam. Saya pribadi hanya menggunakan case Rp20.000-an.

Kesimpulan
Menurut saya, Mi TWS Earbuds Basic sangat layak untuk kalian beli - di harga Rp249.000 maupun Rp299.000 - karena di segala sektor berhasil memenuhi kebutuhan dan preferensi pribadi saya; kecil, ringan, suara decent, dan tentunya in-ear. Memang masih ada sektor yang dapat ditingkatkan seperti baterai namun di penggunaan saya sudah cukup.


====================================
Sekian dari saya.

Aqshal out.
Yuk..

General:
#MASTERINGMIUI:

Mi Smart Band 4:

#WeeklyWallpapers:

#GameReview:
#LauncherReview:
Panduan:

#JUSTFORMIFANS





2019-12-09 18:42:42
Favorites43 RateRate

Advanced Bunny

1626893132 | from Redmi 6

#1

masih stay di iem sih daripada tws
2019-12-09 20:57:33

Master Bunny

Rezka Bayu P | from Redmi Note 8 Pro

#2

Sekarang udah jamannya in ear semua ya om
2019-12-09 21:02:39

Grand Master Bunny

1677326550/ Eddy MH | from Redmi Note 5

#3

nampaknya layak untuk dikoleksi, thanks atas review-nya...😁👍👍
2019-12-10 02:05:10

Moderator

Aqshal Setiawan Author | from Mi A2 Lite

#4

1677326550/ Eddy MH
nampaknya layak untuk dikoleksi, thanks atas review-nya...😁👍👍

sama sama om:) semoga membantu
2020-01-13 08:14:27

Advanced Bunny

bagus.ulumudin | from Redmi Note 8 Pro

#5

perlu dikoleksi nih
2020-04-22 19:10:29

Pro Bunny

Bian Sinambela | from Redmi Note 8

#6

Masih di in ear nih 😕
2020-04-22 19:29:56

Pro Bunny

expadrobo | from Redmi Note 8 Pro

#7

setuju dengan pendapat anda bro, ane baru saja punya dan memakai nya...
2020-04-22 21:06:31

Semi Pro Bunny

aryakeey | from app

#8

mening
2020-04-22 23:22:09

Pro Bunny

ILHMA | from Redmi Note 8

#9

Up
2020-04-22 23:22:12

Rookie Bunny

DeReaper | from Redmi Note 8 Pro

#10

saya dah beli dan pakai sepaket dgn redmi note 8 pro saya.
so far, sring ilang2 suaranya sbeelha kiri.
aneh, org xiaomi center cuman merespon ngerrset doang.
mungkin krna  tws murah, ad yg bermaslaah kyk gitu.
mungkin yg lain ad pndapat lainnya
2020-04-22 23:25:01
please sign in to reply.
Sign In Sign Up

Aqshal Setiawan

Moderator

3 Days Check-In
7 Days Check-In
21 Days Check-In
40 Days Check-In
70 Days Check-In
100 Days Check-In
1 Year Check-In
Kolumnis
Instagram Banget
Golden Mi Bunny
800K
Dirgahayu ke-73 Indonesia
900K
Throw Back with Mi 2018
Name The Color
1 Juta Member
App Review
2 Tahun Mi Community
Survey Redmi
Challenge Photographer
Tebak Nama Android Q
50K Mi Fans
X-Men Favorite Medal
X-Men Character Medal
Dirgahayu ke-74 Indonesia
Ulang Tahun MIUI Ke-9
Answer Mi #1
Answer Mi #3
Ulang Tahun Xiaomi ke-10
3 Tahun Mi Community

Read moreGet new

Mi Comm APP

Stay updated on Mi Products and MIUI

Copyright©2010-2020 Xiaomi.com, All Rights Reserved
Content Policy
Quick Reply To Top Return to the list