In order to fulfill the basic functions of our service, the user hereby agrees to allow Xiaomi to collect, process and use personal information which shall include but not be limited to written threads, pictures, comments, replies in the Mi Community, and relevant data types listed in Xiaomi's Private Policy. By selecting "Agree", you agree to Xiaomi's Private Policy and Content Policy .
Agree

Majalah

[Berita] [Kelas Biologi] Yuk cari tahu bagaimana mengidentifikasi burung

2017-04-30 08:01:27
5918 9


Burung, siapa sih yang gak tau mahluk satu ini?? Gampangnya burung itu punya bulu dan sayap, biasanya terbang, walau ada yang gak bisa, dan satu lagi burung penguin dia gak bisa terbang tapi bisa berenang. Burung merupakan anggota kelompok Vertebrata (hewan bertulang belakang)  yang memiliki bulu (kalian tau kan bedarambut dan bulu??) dan sayap. Ribuan jenis burung dapat ditemukan di berbagai tempatdari tepi pantai hingga kepuncak-puncak pegunungan. Burung juga bisa kalian temukan di rawa-rawa, padang rumput, pesisir pantai, tengah lautan, gua-gua batu, perkotaan, dan wilayah kutub.




Buat kamu yang sering jalan-jalan ke pantai, desa atau pegunungan pasti masih sering ngeliat burung yang terbang dan hinggap di jendela, nenek sudah tua giginya tinggal dua (we lha malah nyanyi). Atau diantara kalian adakah yang punya hobi pengamatan atau fotografi burung? beberapa diantara kalian mungkin akan cuek dengan nama burung tapi beberapa pasti ada yang penasaran kepingin tahu apa nama burung yang barusan dilihat. Kali ini aku akan mengajak kalian untuk mengenal burung lebih dekat (identifikasi), carai detifikasi, dan buku-buku yang biasa digunakan untuk identifikasi burung.


Apasih identifikasi  itu ?  , identifikasi adalah proses pengenalan mahluk hidup untuk mengetahui jenisnya secara detail dan lengkap serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.Teknik identifikasi  biasanya dilakukan dengan berbagai cara, seperti  bertanya pada ahli, secara genetic, menyamakan dengan gambar, dan kunci determinasi. Selain cara bertanya pada ahli cara menyamakan dengan gambar merupakan cara termudah dalam mengidentifikasi. Trus apa yang harus kita amati? Mari kenali bagian tubuh burung terlebih dahulu sebelum mendeskripsikan.

Bagian yang di deskripsikan mengutip dari LAURIO LEONALD (2013) antara lain:

Ukuran, yang dimaksud ukuran di sini adalah perbandingan ukuran burung yang kita jumpai dengan burung-burung yang kita kenali, misalnya ukuran burung elang leabih besar daripada burung perkutut.


Bentuk, ini dilihat dari tampilan fisik apakah burung tersebut pendek, tinggi, ramping, gemuk, berjambul, bentuk paruh dan sebagainya. Sebagai contoh misalnya (1. Tinggi ramping seperti bagau, 2. Pendek gemuk seperti tekukur, 3. Tinggi tegap seperti elang, 4. Berjambul seperti woody wood packer, 5. Paruh kait seperti burung betet, paruh panjang lancip dan melengkung seperti burung madu, dan bentuk lainnya)




Warna, burung memiliki warna yang sangat beraneka ragam dengan kombinasi, bahkan dalam satu spesies burung memiliki warna yang berbeda, misalkan antara jantan-betina, anak-dewasa. Pendekatan warna digunakan untuk membandingkan atau contoh, misalnya warna kuning seperti kepudang, hitam seperti gagak, hijau sepeti takur dan warna lainnya.



Prilaku dan habitat : burung memiliki prilaku yang khas pada masing-masing jenisnya, seperti yang tidak bisa diam, terbang melingkar dan hinggap pada ranting kering yang sama secara berulang, terbang disekitar bunga sambil menghisap madu, dan lain-lain. Habitat dan regional, masing-masing jenis burung memiliki sebaran dan habitat atau tempat hidup baik untuk istirahat ataupun mencari makan yang berbeda. Seperti  bertengger di pohon yang kering mengintai serangga, permukaan tanah sekitaran sungai, pantai, rawa, lembah gunung,dan lain-lain.


Jika kamu masih belum yakin dengan ciri diatas maka buatlah sketsa burung , gambar sketsa burung beserta catatan warna dan ciri-ciri pada bagian-bagian burung seperti ukuran tubuh, warna pada masing-masing bagian tubuh, bentuk paruh, ada tidaknya jambul, serta bebagai ciri lain yang tidak umum sepeti pada bagian penting yang harus diperhatikan pada point sebelumnya. Hal yang terpenting adalah mencocokan sebanyak mungkin bagian burung yang mencolok. Paling mudah buatlah deskripsi sedetil mungkin saat akan mengidentifikasi. Misalnya,
Berubuh sedang (25cm), berwarna coklat dan jingga. Kapala, leher, dan dada abu-abu. Punggung danekor coklat kemerahan. Bulu primer hitam, penutup sayap berpalang hitam. Dadabawah dan perut kekuningan sampai jingga. Bagai tepi dan bawah bulu ekor yangbertingkat berwarna putih. Iris berwarna zaitun, paruh hitam kebiruan, kakiabu-abu.


Harpactes oreskios (Lokal:Lunggur Tunggir Coklat)
Sumber gambar : Buku Panduan Lapangan Jenis-jenis Burung di Jawa, Sumatra, dan Kalimantan (Mac Kinnon)


Thread
Yuk cari tahu bagaimana mengidentifikasi jenis burung
Buku untuk identifikasi burung Jilid 1





2017-04-30 08:01:27
Favorites3 RateRate

Pro Bunny

Istiyar Jezz | from mobile

#1

Lumayan. Bisa sexing lovebirds buat breeding nanti.. Thanks for shared!
2017-05-08 13:09:07
Pecinta Miphone Dan MIUI

Pro Bunny

rivaldydwi | from Redmi Note 3

#2

cara bedain lovebird jantan dan betina apanya mba
2017-05-08 15:49:57
hmm.. sudah lama gak nemu artikel kaya begini, jadi tambah ilmu juga thanks
2017-05-08 15:56:17
Yudono R.A. replied at 2017-05-08 02:56 PM
hmm.. sudah lama gak nemu artikel kaya begini, jadi tambah ilmu juga thanks

sama-sama nantikan episode berikutnya
2017-05-10 12:29:48
Istiyar Jezz replied at 2017-05-08 12:09 PM
Lumayan. Bisa sexing lovebirds buat breeding nanti.. Thanks for shared!

sama-sama gan
2017-05-10 12:30:03

Banned

zamroni822410 | from Redmi 4X

#6

Salam saint kak ros..
2017-10-18 06:17:53
zamroni jambrong Kolom Fotografi Alternatif

Rookie Bunny

Khristi | from Redmi Note 4

#7

salam Kenal yah...
senang jg bisa nambah ilmu biologi beserta info lainx
2018-06-09 12:04:36

Rookie Bunny

mesadelfian1832231567 | from Redmi Note 5A

#8

aku juga bingung bedain burung jantan dan betina..dimaklumi karena besicnya beda?..thanks udh baca artikelnya,bisa menambah ilmu.
2018-07-11 13:07:08

Master Bunny

agus nur | from Redmi 5

#9

lagi rame nih buat kicau mania , baca2 thread kak roes
2018-07-15 20:23:18
please sign in to reply.
Sign In Sign Up

Roesmanarulita

Master Bunny

3 Days Check-In
7 Days Check-In
21 Days Check-In
40 Days Check-In
70 Days Check-In
100 Days Check-In
Ahli korektor
Punulis Pemula
Penulis Berpengalaman
10K Members
Agustus - 100 Balasan
September - 100 Balasan
November - 100 Balasan
Desember - 100 Balasan
Kolumnis
My Poster My Life
Dirgahayu ke-72 Indonesia
MIUI 7th Anniversary
Newbie Member
HANSIP
Beautiful Wishes
300.000 member
#KilasBalikMiCommunity
Xiaomi HQ
Instagram Banget
500K
Dirgahayu ke-73 Indonesia
Throw Back with Mi 2018
Name The Color
Challenge Photographer
Tebak Nama Android Q
X-Men Favorite Medal
X-Men Character Medal

Read moreGet new

Mi Comm APP

Stay updated on Mi Products and MIUI

Copyright©2010-2020 Xiaomi.com, All Rights Reserved
Content Policy
Quick Reply To Top Return to the list