In order to fulfill the basic functions of our service, the user hereby agrees to allow Xiaomi to collect, process and use personal information which shall include but not be limited to written threads, pictures, comments, replies in the Mi Community, and relevant data types listed in Xiaomi's Private Policy. By selecting "Agree", you agree to Xiaomi's Private Policy and Content Policy .
Agree

Fotografi

[Panduan] Jenis - Jenis Lensa Kamera

2018-12-06 10:23:22
3090 19
Assalamualaikum Wr Wb
Halo.. Halo..Mi Fans


Ketemu lagi gua sama Luthfi.
Kali ini gua akan membahas lg tentang fotografi yaitu
Jenis - Jenis Lensa Kamera & Fungsinya



Sblm membaca biasa siap kan Kopi & Gorengan biar makin mantap & focus


Untuk Jenis - Jenis Lensa ini sangat banyak yaitu:
1. Lensa Kit

     

      Lensa ini umumnya memiliki panjang 18mm - 55mm. Gambar yang dihasilkan tidak akan beda jauh dengan yang kita lihat. Lensa ini harganya murah namun kualitasnya masih bisa diandalkan.

Keuntungan Memakai Lensa Kit
  • Fleksibilitas yang bisa kamu dapatkan dalam satu lensa (maksudnya kita gaperlu gonta - ganti lensa lagi untuk mendapatan jarak lensa yang di inginkan
  • Memiliki ukuran yang kecil dan ringan
Kekurangan Memakai Lensa Kit
  • Keterbatasan untuk memotret makro
  • Apeture terbatas
  • Kurangnya perangkat tambahan Lens Hood

2. Lensa Fix









Lensa fix atau lensa tetap (fix = tak berubah) merupakan kebalikan dari lensa zoom. jarak fokal lensa ini tak bisa dirubah. lensa ini bisa menghasilkan gambar bokeh yang rapih sekali.


Keuntungan (+)

  • Kualitasnya secara rata - rata lebih baik dari pada lensa zoom direntang harga yang sama
  • Harga yang mura, ringan serta memiliki bukaan maksimum yang besar (umumnya di f/1.8, 1.4, 1.2)
Kekurangan (-)

  • Tidak bisa dizoom


3. Lensa Wide


Lensa wide adalah lensa yang memiliki panjang fokal lensa mulai 10mm sampai 24mm. kegunaan lensa wide ini umumnya untuk memotret landscape, sama seperti ultrawide tapi rentang lebarnya tak selebar yang ultra.

Keuntungan (+)
  • Mampu menangkap foto dengan luas cakupan foto yang lebar
  • Tidak menimbulkan distorsi berlebihan seperti ketika menggunakan lensa fisheye
Kekurangan
  • Harganya yang agak mahal


4. Lensa Zoom Standar

Lensa zoom standar mempunyai fokal lensa yang termasuk lensa zoom adalalah 18mm - 105mm. biasanya memiliki bukaan yang standar f/3.5

Kelebihan (+)
  • Mudah digunakan untuk berbagai jenis fotografi seperti wedding, potrait mode, landscape.

5. Lensa Tele


Lensa Tele adalah kelompok lensa kamera yang memiliki panjang fokal 70mm - 200mm, ada juga yang sampai 600mm. untuk bukaannya ada yang f/2.8 dan f/4


Keuntungan (+)

  • Dapat memotret objek foto yang berada jauh dari kamu dengan mudah. biasanya digunakan untuk memotret satwa liar yang sulit didekati atau untuk memotret candid sangat mudah dengan rentang lensa tele ini
Kekurangan (-)

  • Memiliki berat yang lumayan
  • Harga yang sangat terjangkau sekali


6. Lensa Macro


Lensa Macro memiliki fungsi untuk mengambil foto dengan perbesaran hingga 1x atau gambar objek yang dipotret memiliki ukuran yang sama dengan aslinya. lensa ini sangat cocok sekali bagi yang memotret serangga atau hewan yang berukuran kecil.


Keuntungan (+)

  • bisa mengambil foto yang lebih detail dan rapihh

7. Lensa Fisheye


Lensa Fisheye memiliki kemampuan unik dari yang lain yaitu menghasilkan distorsi yang luar biasa. umumnya lensa ini dirancang dengan fokal lensa sangat lebar dan didesain sedemikian rupa sehingga menghasilkan distorsi yang unik.


Kelebihan (+)

  • Dapat memotret di ruangan sempit
  • Sudut pandang yang lebarrr bangat
  • Menghasilkan efek distorsi yang unik.



Oke sekian dari thread gua malam ini
Yang mau bertanya silahkan tulis di komentar &
Sampai jumpa di thread berikutnya,


Terima Kasih
  bye... byee...
Salam Jepret




Rate

Number of participants 1 Experience +15 Pack Reason

View Rating Log

2018-12-06 10:23:22
Favorites33 RateRate

Master Bunny

Radityo Adi S | from MI 5s

#1

kalo lensa anamorphic tuh fungsinya apa gan?
2018-12-06 11:40:13

Semi Pro Bunny

Raplong | from Redmi Note 5

#2

Banyak juga koleksi lensanya gan
2018-12-06 12:07:17

Semi Pro Bunny

Retzkie A Diaz | from Redmi Note 5

#3

Radityo Adi S
kalo lensa anamorphic tuh fungsinya apa gan?

bantu jawab, anarmophic lens itu biasanya dipake buat ambil video

ciri khas anarmophic itu ngehasilin flare di lensa kita, flare bergaris di tiap cahaya yg masuk

anarmophic lens jg kadang bikin bokeh atau blur nya bkn berbentuk circular tp oval

cmiiw
2018-12-06 16:18:09

Master Bunny

Kairul | from Redmi 4X

#4

mantapppp,lensa nya mantap kali,saya cuman pengguna prosumer kamera ,jadi kagak bisa gonta ganti kamera
2018-12-06 17:46:22

Pro Bunny

Anik_69 | from Redmi Note 5

#5

Udah pro fotografi nih ts wkwkwkw...
2018-12-06 22:20:57

Rookie Bunny

1896654718 | from Redmi Note 5A

#6

Radityo Adi S
kalo lensa anamorphic tuh fungsinya apa gan?

ngak tau jga
2018-12-06 22:46:28
Kairul replied at 2018-12-07 05:46:22
mantapppp,lensa nya mantap kali,saya cuman pengguna prosumer kamera ,jadi kagak bisa gonta ganti kam ...

kalau ada rejeki mah bisa ganti om hehehe
2018-12-06 23:28:30

Master Bunny

Kairul | from Redmi 4X

#8

Luthfi Rachmanto
kalau ada rejeki mah bisa ganti om hehehe

heheee,iya juga sih,namun masih nyoba maksimalin prosumer HS 11 dulu,nanti kalau ada rejeki lebih bisa naik kelas ke Pro
2018-12-08 08:54:31

Master Bunny

mizulumam | from Redmi 6A

#9

mantul koleksi banyak min
2019-01-24 02:46:01

Master Bunny

Pinx168 | from Redmi 5A

#10

Nice thread, lumayan buat nambah wawasan
2019-01-24 19:06:10
please sign in to reply.
Sign In Sign Up

Luthfi Rachmanto

Semi Pro Bunny

  • Followers

    46

  • Threads

    9

  • Replies

    39

  • Points

    673

Check-in 3 jours
Check-in 7 jours
Check-in 21 jours
Throw Back with Mi 2018
1 Juta Member
2 Tahun Mi Community
Answer Mi #1
Answer Mi #3
Ulang Tahun Xiaomi ke-10
3 Tahun Mi Community

Read moreGet new
Copyright©2010-2020 Xiaomi.com, All Rights Reserved
Content Policy
Quick Reply To Top Return to the list