In order to fulfill the basic functions of our service, the user hereby agrees to allow Xiaomi to collect, process and use personal information which shall include but not be limited to written threads, pictures, comments, replies in the Mi Community, and relevant data types listed in Xiaomi's Private Policy. By selecting "Agree", you agree to Xiaomi's Private Policy and Content Policy .
Agree

Tips dan trik

[Tips & Tricks] Record suara internal android tanpa root (mantab buat record game)

2018-07-30 04:01:00
85402 64
Misi agan-agan semua, ane mau berbagi pengalaman ngrekam game pake suara internal (system sound). Cara ini bisa buat ngrekam game, atau kalo yang otaknya agak nakal dikit bisa ngrekam live cewek di bigo hahahaha.

Alat yang dibutuhin:
  • Android versi apa aja yang penting bisa screen record, plus aplikasi screen recorder kalo belum ada aplikasi bawaan dari androidnya. Disini ane pake AZ screen recorder karena fiturnya banyak dan lebih stabil daripada aplikasi yang lain.

    Bisa dibaca kalo ngrekam audio internal masih tidak diijinkan oleh Google.
  • PC apa aja untuk ngrekam audio.
  • Yang paling penting, audio splitter plus kabel aux. Di daerah ane cuma 10k per barangnya. Fungsinya menghubungkan suara android ke PC. Jadi PC akan mengenali suara internal android sebagai mikrofon (tapi bukan dari mikrofon androidnya). Apapun suara internal yang keluar dari android bakal kerekam. Kayak suara notif, telfon, dan yang lain.
  • Sotfware editing. Ane pake premiere pro. Bisa juga pake magix vegas, final cut pro, atau yang lainnya. Di android juga ada, tapi ane belum pernah edit pake android.

Tutorial:
  • Siapin perekam layar di android dan perekam suara di PC dalam kondisi standby.
  • Tancepin kabel aux dan splitter dengan aturan: buat suara di android dulu (lihat Tips poin 1), terus satu ujung kabel aux ditancep ke jack android terlebih dahulu. Android akan mengenali kabel aux sebagai headset biasa. Setelah itu ujung yang lain ditancep ke splitter bagian mikrofon. Baru splitter ditancep ke jack PC. Untuk jack splitter yang satu nya adalah jack buat speaker, bisa ditancep headset atau speaker portable. Jadi agan tetep bisa dengerin suara internal ketika main game sambil ngrekam.
  • Cek apakah suara internal android sudah terdeteksi di perekam suara PC.
  • Rekam layar di android dan rekam suara di PC.
  • Setelah selesai, video rekaman layar dan rekaman suara perlu digabungin dengan software editing.

Tips:
  • Ane tadi bilang kalo PC akan mengenali android sebagai mikrofon. Jadi kalo android tidak mengeluarkan suara (telfon, notif, musik, game, dll), koneksi suara dari android ke PC akan keputus, jadi harus dicabut dulu splitternya baru ditancep lagi ke PC. Tipsnya adalah, agan perlu bikin suara dulu, kalo game ya gamenya dibuka dulu, kalo musik ya diplay dulu, baru tancep splitter ke PC.
  • Pencet rekamnya bisa kapan aja. Sebelum kabel ditancep atau sesudahnya. Yang penting sebelum main game hahahaha (yakali kalo main dulu baru ngrekam ya apa yang mau direkam wkwkwk). Toh nanti akan diedit lagi.
  • Saat dengerin suara lewat headset, akan kedengeran kecil banget. Itu karena kita dengerin suara internal, yang dikenal PC sebagai mikrofon. Kalo pengen dengerin lebih jelas, buka settingan mikrofon di PC, dan centang "listen to this device".
  • Thread ini make sistem ngrekam kepisah antara video dan audio. jadi nanti pas diedit agak susah ngepasin suara dan videonya. Tipsnya adalah, setelah ngrekam, entah itu setelah main game atau sebelumnya, aktifin dial tone, buka dial pad, dan ketik nomor sembarang secara terus menerus. Tips ini harus dilakukan sekali rekaman bersamaan dengan merekam game (atau yang lainnya). Nanti kan suaranya kedengeran, langsung tancep splitter ke PC sambil terus mencet tombol dial pad biar PC ngrekam suara dial tone nya (jangan sampai berhenti mencet, nanti koneksi suara putus--lihat Tips poin 1). Nanti pas diedit dipas in aja video pas mencet nomor sama suara dial tone nya. Kalo masih susah, bisa diliat waveform audionya. Ya ini cuma biar mempermudah ngepas in video sama audio aja sih.


Sekian, semoga bermanfaat.


UPDATE
Oiya lupa..
Splitter diatas gunanya untuk misah antara mic dan speaker. Berguna kalo PC/laptop agan punya jack 3.5mm yang 2in1, artinya mic sama speakernya jadi satu jack.
Kalo jack di PC/laptop agan bukan yang 2in1, ya gk usah pake splitter haha. Langsung colok kabel aux ke jack mic di PC aja.

Dan ane punya update an buat main game yang bisa voice chat kayak PUBG, biar tetep bisa voicechat an sama temen se-tim. Tinggal tambah splitter satu lagi buat di androidnya. Dengan syarat, microphone yang ditancep ke splitter di android harus microphone external (ring jacknya cuma 1: mic sama ground), bukan semacam headset yang ada microphonenya.
Mengapa demikian? mayoritas splitter yang udah ane coba itu jack femalenya speaker cuma buat jack male yang punya 1 ring saja. Kalo headset yang ada micnya kan berarti jacknya 3 ring kan, jadi tidak akan cocok (android tidak mendeteksi sebagai microphone).

Ini ane bikin diagramnya biar lebih gampang.


Contoh hasil record game bikinan ane. Disini ane pake game Vainglory


UPDATE LAGEEEE
ini gan yang pengen ngrekam suara internal game pubg + open mic nya..
setelah ane mikir-mikir ternyata kita bisa pake audio doubler buat ngakalin biar tetep bisa dengerin suara langkah kaki di pubg
tetep pake software editing yaa



lebih jelasnya liat di preview video bikinan ane..kapan-kapan kalo lagi gabut ane share videonya di youtube..jadi subscribe aja gan

Rate

Number of participants 2 Experience +6 Pack Reason

View Rating Log

2018-07-30 04:01:00
Favorites43 RateRate

Banned

gregadjah | from Redmi Note 5

#1

cakep,
silaken yutuber yang make MI devices.
2018-07-30 04:13:56

Advanced Bunny

Renaldo Ferdandy | from Redmi 4X

#2

Gimana caranya gan??
2018-07-30 04:50:34

Semi Pro Bunny

Affandy Yusuf Author | from Redmi 4

#3

gregadjah
cakep,
silaken yutuber yang make MI devices.

removed by owner
2018-07-30 05:13:46

Semi Pro Bunny

Affandy Yusuf Author | from Redmi 4

#4

Renaldo Ferdandy
Gimana caranya gan??

caranya apa gan? budayakan baca dulu sampe selesai ya :)
2018-07-30 05:14:19

Banned

gregadjah | from Redmi Note 5

#5

Affandy Yusuf
kalo bermanfaat, boleh dong dilike juga threadnya wkwkwkw

poin ini gak sesuai sama regulasi sih,
monggo diedit statement nya.
2018-07-30 05:17:05

Semi Pro Bunny

Affandy Yusuf Author | from Redmi 4

#6

gregadjah
poin ini gak sesuai sama regulasi sih,
monggo diedit statement nya.

mana gan yg gk sesuai? perasaan ane kagak ad yg ilegal :/
2018-07-30 05:20:28

Banned

gregadjah | from Redmi Note 5

#7

Affandy Yusuf
mana gan yg gk sesuai? perasaan ane kagak ad yg ilegal :/

meminta like?
respect comes earned, no need to ask for it.
by asking, you simply diminish it.
2018-07-30 05:21:38

Semi Pro Bunny

Affandy Yusuf Author | from Redmi 4

#8

gregadjah
meminta like?
respect comes earned, no need to ask for it.
by asking, you simply diminish it.

wkwkw yaudah dah maap ane edit dah
2018-07-30 05:22:29

Advanced Bunny

Renaldo Ferdandy | from Redmi 4X

#9

Affandy Yusuf
caranya apa gan? budayakan baca dulu sampe selesai ya :)

Wkwkwk... Maksud ane gimana caranya kalo langsung ke hp nya kaga perlu pake pc :v
2018-07-30 05:54:51

Semi Pro Bunny

Affandy Yusuf Author | from Redmi 4

#10

Renaldo Ferdandy
Wkwkwk... Maksud ane gimana caranya kalo langsung ke hp nya kaga perlu pake pc :v

setau ane gk bisa sih gan..ane jg udh cari2 apk yg bisa record internal tpi blum nemu
2018-07-30 07:26:46
please sign in to reply.
Sign In Sign Up

Affandy Yusuf

Semi Pro Bunny

  • Followers

    35

  • Threads

    13

  • Replies

    111

  • Points

    1072

Check-in 3 jours
Throw Back with Mi 2018

Read moreGet new
Copyright©2016-2019 Xiaomi.com, All Rights Reserved
Content Policy
Quick Reply To Top Return to the list