In order to fulfill the basic functions of our service, the user hereby agrees to allow Xiaomi to collect, process and use personal information which shall include but not be limited to written threads, pictures, comments, replies in the Mi Community, and relevant data types listed in Xiaomi's Private Policy. By selecting "Agree", you agree to Xiaomi's Private Policy and Content Policy .
Agree

MIUI General

MASTERING MIUI
Subscribed
Subscribe

[Ulasan MIUI] Mastering MIUI | Kekurangan MIUI dari Skin OS Android Lain (dan Solusinya)

2018-07-28 02:11:11
15155 104
Greetings, Mi Fans!
Aqshal disini

Minggu lalu saya telah membahas kelebihan-kelebihan MIUI daripada ROM android lain. Dan tentu saja, setiap ROM memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan sekarang, kita akan bahas kekurangan-kekurangan di MIUI. Tentu saja kita akan bahas juga solusinya.

Gamau ketinggalan update kolom ini? ayo subscribe Mastering MIUI!

Ga bisa multitasking (SOLVED)
Penggunaan RAM di MIUI termasuk di level yang tinggi karena banyak memiliki fitur-fitur yang memang membutuhkan penggunaan RAM yang signifikan. Masalah pertama adalah di MIUI, kita gabisa multitasking dengan lancar karena beberapa aplikasi akan tertutup dengan sendirinya. Sehingga jika kita kembali ke aplikasinya lagi, kita harus menunggu aplikasinya dibuka lagi. Sepertinya (CMIIW) developer MIUI melakukan ini untuk tujuan menghemat penggunaan daya ponsel sehingga kita dapat menggunakan ponsel lebih lama. Jika kalian membutuhkan kecepatan lebih untuk multitasking, saya pribadi menggunakan 2 cara:

  • Mengurangi memory optimization (sebagian rom)
Memory optimization adalah salah satu fitur developer yang berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan memori untuk tujuan performa aplikasi. Semakin tinggi level optimisasi, semakin banyak aplikasi yang ditutup di background untuk boost aplikasi yang sedang digunakan. Secara default, level yang di set adalah level medium. Kamu bisa set levelnya ke Low atau bahkan None.

Settings - Additional settings - Developer options - Memory optimization

  • Mengontrol tingkah laku aplikasi
Di MIUI, kita bisa set tingkah laku aplikasi (dari sudut pandang memori). Sebagai contoh sebuah aplikasi diberikan 4 pilihan, yaitu No restrictions (dapat berjalan bebas), Battery saver, Restrict background apps (disimpan, namun tidak ditutup), Restrict background activity (tidak diperbolehkan untuk disimpan).

- Aplikasi pesan seperti Whatsapp, LINE, Telegram, dll dapat diset ke Battery saver atau No Restrictions
- Aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll dapat diset ke Battery saver
- Game dapat diset ke No Restrictions
- Aplikasi editor foto (Jangan video atau musik) dapat diset ke Restrict background apps
- Aplikasi alat seperti Calculator, Compass, AIDA64, Note, dll dapat diset ke Restrict background activity

Iklan dimana-mana (SOLVED)
Di beberapa aplikasi MIUI seperti File Explorer, Security, dan Download Manager kita dapat menjumpai iklan yang terpasang secara bawaan. Yap, Xiaomi sengaja memasang iklan disana. Banyak sekali yang tidak suka dengan tindakan Xiaomi ini.


Tapi apa kamu tau? Iklan ini kan bisa di matikan semua. Caranya? Yuk ikutin:
Dasarnya, di setiap aplikasi yang disediakan iklan terdapat opsi untuk mematikannya. Opsi tersebut bernama Recommendations. Opsi tersebut berada di bagian setting setiap aplikasi. Kamu bisa menjelajahinya sendiri, atau lihat disini:

  • Security (Settings - Receive recommendations)
  • Cleaner (Settings - Receive recommendations)
  • File Explorer (Settings - About - Recommendations)
  • Download Manager ( Settings - Show recommended content)
  • Mi Music (Settings - Advanced settings - Receive recommendations)
  • Mi Browser (Settings - Advanced - Top sites order - Receive recommendations)


Tulisan yang tertera mungkin berbeda.

Update yang lama
Jika dibandingkan versi androidnya, upgrade stable untuk MIUI 9 membutuhkan waktu 13 bulan (kurang atau lebih, tergantung model) untuk merilis versi android terbaru untuk ponsel ponselnya (CMIIW). Memang bukan yang terlama, namun tergolong lama hanya untuk sebuah update. Waktu tersebut bervariasi berdasarkan jadwal rilis yang bergiliran.


Kalau tahun ini, Android P (9.0) belum dirilis sampai thread ini dibuat namun saya pribadi memperkirakan kalau tanggal rilisnya sama atau berdekatan seperti tahun lalu, 21 Agustus 2018. Sampai sekarang (Juli 2018), versi Stable untuk MIUI 10 belum dirilis.

Solusinya? Aduh. Gimana ya.. Saya mana bisa kasih solusi untuk ini. Kalau kamu mau banget update yang paling cepet, cara satu-satunya adalah install rom beta atau bahkan gabung ke beta tester untuk ROM ponsel kamu.

Yak! Seperti itulah kekurangan-kekurangan dari MIUI. Tentu aja setiap ROM punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untung banget bagi kamu yang mungkin ga suka atau ga srek sama MIUI, bisa pakai Mi A1 atau Mi A2 yang udah didukung program Android One dan otomatis memakai stock android. Udah pake stock android, updatenya cepet lagi. Kurang apalagi coba tuh?

Sekian thread dari saya.

Yuk..

  • Thread terbaik Mastering MIUI:
Transfer Data ke Laptop atau Ponsel Lain Tanpa Kabel? Gini Caranya!
Tips Memaksimalkan Hasil Foto (Background Bokeh, Filter, dll)
Modifikasi Tampilan MIUI Sampai ke Akar! (Tema untuk Aplikasi, Launcher, dll!)


  • Thread paling baru Mastering MIUI:
Kelebihan MIUI dari Skin OS Android Lain
Hemat Uang di Kantongmu Dengan Berhemat Kuota Internet!
Portrait Mode Tanpa Dual Kamera? Buktikan Semua Yang Menarik di MIUI 10!







Apakah anda tahu kalau Mastering MIUI sudah punya kolomnya tersendiri? Ayo Subscribe! Gratis!





2018-07-28 02:11:11
Favorites104 RateRate
MASTERING MIUI
Ingin lebih tau betapa kuatnya MIUI? Yuk berlangganan sekarang!
28 Article Description     1024 Subscribers
Subscribed
Subscribe

yasaklı

gregadjah | from Redmi Note 5

#1

objektif aja,
untuk ukuran budget phone, update android version di MIUI termasuk standar,
sony dan samsung di lini hi-end termasuk lama update android versionnya.
di luar Pixel series, cuma onePlus yang saya pakai yang masih relatif cepat, itupun karena mereka market single device bukan multiple device dalam 1 fiscal year.
2018-07-28 03:22:38

Moderator

Aqshal Setiawan Author | from MI 5

#2

gregadjah
objektif aja,
untuk ukuran budget phone, update android version di MIUI termasuk standar,
sony dan s ...

kalau dibandingin dengan samsung dan sony mungkin iya. Tapi kalau dilist dengan  semua list hp, kayanya MIUI tetep cukup lama menurut saya. Terus juga mohon maaf, saya belum riset lebih lanjut lagi tentang update software
2018-07-28 03:52:11

Advanced Bunny

rofik54 | from Redmi 5

#3

gimana cara matikan iklan di aplikasi tema?
2018-07-28 03:54:32

Master Bunny

Riza Adam | from Redmi 5

#4

info bermanfaat
2018-07-28 07:16:30

Pro Bunny

selendang | from Redmi Note 3

#5

di theme manager masih ga bisa di nonaktifkan
2018-07-28 08:10:03

Grand Master Bunny

ditonyo | from Redmi 5 Plus

#6

agan pakai miui versi brapa...??  emang 'opsi memory optimization' masih ada...??
2018-07-28 10:24:39

Moderator

Aqshal Setiawan Author | from MI 5

#7

ditonyo
agan pakai miui versi brapa...??  emang 'opsi memory optimization' masih ada...??

di miui 10 udah ga ada gan.. rom dulu dulu ada
2018-07-28 12:21:12

Grand Master Bunny

ditonyo | from Redmi 5 Plus

#8

Aqshal Setiawan
di miui 10 udah ga ada gan.. rom dulu dulu ada

kayaknya di 9.5.. karena terakhir liat di 9.6 dah ndak adaa.. CMIIW
2018-07-28 12:27:13

Moderator

Aqshal Setiawan Author | from MI 5

#9

ditonyo
kayaknya di 9.5.. karena terakhir liat di 9.6 dah ndak adaa.. CMIIW

mungkin.. sayajuga lupa yangmana wkwkwk
2018-07-28 12:28:47

Grand Master Bunny

Randy Hartono | from Redmi Note 4

#10

Nyimak dan subscribe.. Iklan di Theme masih ada dang kadang.. Lock Applications masih ada iklan tapi bisa dimatiin dan muncul lagi. Makasih Mas.
2018-07-28 14:01:22
please sign in to reply.
Sign In Sign Up

Aqshal Setiawan

Moderator

Check-in 3 jours
Check-in 7 jours
Check-in 21 jours
Check-in 40 jours
Check-in 70 jours
Check-in 100 jours
Kolumnis
Instagram Banget
Golden Mi Bunny
800K
Dirgahayu ke-73 Indonesia
900K
Throw Back with Mi 2018
Name The Color
1 Juta Member
App Review
2 Tahun Mi Community
Survey Redmi
Challenge Photographer
Tebak Nama Android Q
50K Mi Fans
X-Men Favorite Medal
X-Men Character Medal
Dirgahayu ke-74 Indonesia
Ulang Tahun MIUI Ke-9

Read moreGet new
Copyright©2016-2019 Xiaomi.com, All Rights Reserved
Content Policy
Quick Reply To Top Return to the list