In order to fulfill the basic functions of our service, the user hereby agrees to allow Xiaomi to collect, process and use personal information which shall include but not be limited to written threads, pictures, comments, replies in the Xiaomi Community, and relevant data types listed in Xiaomi's Private Policy. By selecting "Agree", you agree to Xiaomi's Private Policy and Content Policy .
Agree

Redmi Note 8 Pro

[Lainnya] Yuk Kenalan dengan MediaTek Helio G90T, Otaknya Redmi Note 8 Pro

2019-10-25 15:41:59
6317 72
Helo guys, gimana kabarnya nih?

Sebentar lagi Redmi Note 8 Pro akan dijual loh. Redmi Note 8 Pro memiliki spesifikasi dahsyat cuy seperti kamera 64MP, baterai badak 4500 mAh, NFC (yesss akhirnya ada hp Xiaomi resmi di Indonesia dengan NFC) dan berchipset MediaTek Helio G90T.

APA? MEDIATEK???

Ish, akan kusampaikan kepadamu, MediaTek yang dulu bukanlah yang sekarang. MediaTek belajar dari kesalahan-kesalahan masa lalu mereka sehingga pada masa sekarang mereka sudah menciptakan chipset-chipset yang bagus dan berkualitas seperti Helio A22 (yang ada di Redmi 6A), Helio P22 (ada juga di Redmi 6), P60, P90 dan lain-lain, termasuk chipset baru yang digunakan pada Redmi Note 8 Pro yaitu Helio G90T. Lalu apa spesialnya sih Helio G90T ini ketimbang chipset MediaTek umumnya? Well, kita bahas si otak Redmi Note 8 Pro tersebut. Let’s go!!!

1. Spesifikasi
MediaTek Helio G90T memiliki spesifikasi kelas flagship, loh kenapa kelas flagship? Karena Helio G90T menggunakan mikroarsitektur ARM yaitu ARM Cortex-A76 loh. Dengan konfigurasi octa-core dan big.LITTLE sehingga memiliki core untuk efisiensi daya dan core untuk performa. Konfigurasi lengkapnya adalah 2 x Cortex-A76 dengan clock speed 2,05GHz dan 6 x Cortex-A55 dengan clock speed 2,0GHz. Nah Cortex-A76 untuk performa dan Cortex-A55 untuk efisiensi daya. Ditemani oleh GPU buatan Mali yang terbaru yaitu Mali-G76 dengan 4 core 800MHz.

Lain-lainnya adalah berfabrikasi 12nm, API Support: OpenCL™ 2.0 Full, OpenGL® ES 3.2, Vulkan® 1.1, DX12, support kamera hingga 64MP (makanya Redmi Note 8 Pro pakai 64MP donk), memori RAM type LPDDR3 atau LPDDR4x hingga maksimum 10GB, internal type eMMC 5.1 atau UFS 2.1, Cat-12 untuk downlink dan Cat-13 untuk uplink, bluetooth versi 5.0.

Hmm bingung ya kok ada yang buat efisiensi daya dan ada juga yang buat performa (big.LITTLE)? Jadi begini contohnya, ketika kamu bermain medsos atau buka aplikasi ringan saja maka si 6 x Cortex-A55 yang aktif doank, nah jika kamu main game atau buka aplikasi berat maka si 6 x Cortex-A55 ini aktif dan 2x Cortex-A76 aktif juga alias 8 core berjalan. Jadi hal inilah yang bikin daya baterai yang bikin hemat, tidak seperti kasus Helio X10 yang ada di Redmi Note 2 yang berjalan 8 core sekaligus walau cuma buka medsos doank jadi si hp boros dan panas karena kinerja chipset yang berlebihan. Jadi begitu ya, moga tau apa sih big.LITTLE itu hehehe.

Fun Fact:
ARM Cortex-A76 memiliki performa lebih baik 35% ketimbang ARM Cortex-A75. Nah maka dari itu performa MediaTek Helio G90T tersebut memiliki perbandingan setara dengan Qualcomm Snapdragon 730 dengan Kryo 470 (basic nya dari Cortex-A76) dan Kirin 810.

2. MediaTek HyperEngine
Berbeda dengan chipset MediaTek lainnya, Helio G90T dibekali juga dengan teknologi terbaru yang mereka ciptakan yaitu MediaTek HyperEngine.

Apa sih MediaTek HyperEngine itu? Jadi itu adalah teknologi baru untuk menciptakan rasa experience terutama saat gaming itu menyenangkan. Nah MediaTek HyperEngine memiliki 4 fitur unggulan, yaitu Networking Engine, Rapid Response Engine,Resource Management Engine, Picture Quality Engine. Nah karena ada 4 fitur ga mungkin donk saya jelasin semuanya secara detail, jadi saya jelaskan inti dari 4 fitur tersebut.

a. Networking Engine
Fitur ini berfungsi untuk mengoptimalkan koneksi antara smartphone dan sumber sinyal, ah maksudnya jika salah satu sinyal melemah saat bermain game (WiFi atau 4G LTE) maka akan swap atau tukar secara otomatis. Contoh kasus, ketika kalian main gaming menggunakan WiFi dan pada saat itu sinyal WiFi melemah yang menyebabkan latency meningkat (ping makin tinggi gitu) maka secara otomatis 4G LTE akan ikut aktif sehingga tetap menjaga konektivitas lancar.

b. Rapid Response Engine
Fitur ini digunakan untuk mempercepat input layar sentuh (touchscreen) ke layar secara akurat dan dirasakan tanpa jeda. Kecepatannya hingga mencapai 2,5X dibandingkan dengan tanpa fitur ini dan mengklaim memiliki respon selama 16ms. Sehingga bermain benar-benar smooth.

c. Resource Management Engine
Memadukan CPU, GPU, memori dan AI sekalipun akan membuat kalian bermain gaming dengan performa framerate yang tinggi. Karena pada dasarnya bahwa kita selalu ingin bermain gaming dengan FPS yang tinggi.

d. Picture Quality Engine
Nah fitur ini menciptakan kualitas gambar yang jernih, tajam dan detail yang luar biasa. Dan karena sudah support HDR10 maka hasilnya pun semakin mantap. Mungkin untuk meliat fitur ini bisa tengok di video bawah ini.

Jadi bagaimana pendapatmu dengan MediaTek Helio G90T ini?
Yuk tulis komentarmu dibawah.
Saya Galih pamit, semoga terbantu dengan info tersebut.
2019-10-25 15:41:59
Favorites20 RateRate

Grand Master Bunny

Outlaw | from Redmi 7

#1

nice info..nungguin redmi note 8 pro dl.
2019-10-25 15:50:32

Pro Bunny

Angesti Purwita | from Redmi Note 5

#2

pasti beli
2019-10-25 15:59:49

Master Bunny

ryno18 | from Mi A2 Lite

#3

super sekali om....
2019-10-25 16:04:28
Hemmm mention redmi note 2. Kesinggung nih.. Semoga kebeli redmi note 8 pro ini dah biar ga kesinggung mulu. Wkwk
2019-10-25 16:38:04

Moderator

Galih J.S Author | from Redmi 6A

#5

Syahriza Fahmi
Hemmm mention redmi note 2. Kesinggung nih.. Semoga kebeli redmi note 8 pro ini dah biar ga kesinggung mulu. Wkwk

eh ada bung fahmi, hahaha kan pengalaman pribadi juga makanya udah tau klakuan si rx-king wkwkwk
2019-10-25 16:39:46
Always be grateful

Grand Master Bunny

1677326550/ Eddy MH | from Redmi Note 5

#6

semoga bisa merasakan nikmatnya Reno 8 Pro... wkwkwk...
2019-10-25 16:40:35

Grand Master Bunny

Haimat | from Redmi 7

#7

jos gandoss... tancap gasss... hehehe
2019-10-25 16:58:43

Master Bunny

octarina octa | from Redmi 5 Plus

#8

cuma sayang seribu sayang MTK masih pelit source code
2019-10-25 17:40:09

Moderator

Galih J.S Author | from Redmi 6A

#9

octarina octa
cuma sayang seribu sayang MTK masih pelit source code

Yakin? Redmi 6/6A sudah di publish kok kernel source nya ma Xiaomi. Eh lupa, Redmi Note 8 Pro juga udah di publish. Coba cek XDA developer
2019-10-25 17:42:01
Always be grateful

Advanced Bunny

syamoho | from Redmi Note 7

#10

keren
2019-10-25 17:43:15
please sign in to reply.
Sign In Sign Up

Galih J.S

Moderator

Beta Tester
3 Days Check-In
7 Days Check-In
21 Days Check-In
40 Days Check-In
70 Days Check-In
100 Days Check-In
Ahli korektor
10K Members
Agustus - 100 Balasan
September - 100 Balasan
50.000 Pengguna
MIUI 7th Anniversary
Newbie Member
150.000 Pengguna
300.000 member
Instagram Banget
900K
Name The Color
2 Tahun Mi Community
Challenge Photographer
Ulang Tahun MIUI Ke-9
Ulang Tahun Xiaomi ke-10
My Alter Ego
Xiaomi Layak Jadi No 1
Mi Challenge 2021
Mi Challenge 2021 Misi ke-1
Mi Challenge 2021 Misi ke-8
Mi Challenge 2021 Misi ke-12
Mi Challenge 2021 Misi ke-18
Mi Challenge 2021 Misi ke-27

Read moreGet new

Xiaomi Comm APP

Stay updated on Mi Products and MIUI

Copyright©2010-2021 Xiaomi.com, All Rights Reserved
Quick Reply To Top Return to the list